Friday, April 24, 2009

Study In Canada

Banyak orang yang belum mengetahui mengenai perihal menuntut ilmu di Kanada. Mungkin karena letak negara kanada yang begitu jauh dari sehingga banyak orang yang enggan untuk melanjutkan studi disana padahal Kanada memiliki PT (perguruan tinggi) yang berkualitas dan biaya pendidikan yang cukup murah dibandingkan dengan AS. Memang, dari segi jarak tempuh perjalanan, untuk menuju Kanada diperlukan waktu kurang lebih sekitar 18 jam perjalanan (waktu yang cukup melelahkan bukan???) dan waktu tersebut belum termasuk waktu untuk melakukan transit pesawat. Jadi bisa dibayangkan berapa lamanya perjalanan yang harus ditempuh dari menuju kanada.

Pemerintah Kanada sangat mementingkan pendidikan dan menuntut adanya sekolah-sekolah berkulitas disana. Bahkan, anggaran dana pemerintah Kanada untuk pendidikan lebih besar dari pada negara-negara maju yng tergabung dalam kelompok negara G-7 lainnya. Gelar dan lulusan Kanda juga diakui diseluruh dunia. Mahasiswa asing lulusan universitas-universitas Kanda, umumnya sukses kariernya dan mendapat tempat mapan. Biaya belajar di Kanada juga tidak mahal dan amat kompetitif, mampu bersaing dengan Australia, Amerika Serikat, atau yang lain. Meskipun belajar di Kanada tidak gratis, namun biaya yang harus dikeluarkan untuk tiap mahasiswa asing sekitar 7.100 dolar Kanada (4.800 dollar AS) untuk satu tahun ajaran (delapan bulan).

Pendidikan di Kanada, baik yang dibiayai oleh pemerintah maupun swasta mulai dari TK hingga universitas menjadi tanggung jawab provinsi dibawah undang-undang kanada, karena itu terdapat perbedaan dalam system pendidikan dalam masing-masing 12 provinsi di Kanada, namun tetap menjaga kualitas tinggi dan karena itu bagi siapa saja yang ingin mengambil pendidikan di Kanada, sebaiknya lebih dulu mencari informasi selengkap mungkin mengenai bidang studi yang akan diambil kemudian mencari informasi mengenai perguruan tinggi yang dituju.