Friday, April 24, 2009

Dokumen yang diperlukan untuk Kuliah di Kanada

Siapapun yang ingin menuntut ilmu di kanada, mau tidak mau diperlukan visa dan juga izin belajar mahasiswa. Dari website http://www.studycanada.ca, disebutklan ada petunjuk selangkah demi selangkah untuk memperoleh izin belajar di KanadaPertama, mengambil formulir izin belajar di Kedutaan besar Kanada atau di Pusat Pendidikan Kanada.

Lamaran dan dokumen harus diserahkan ke kantor visa terdekat. Kedua adalah mengumpulkan berbagai dokumen yang diperlukan dan menyerahkan seluruh dokumentasi yang diminta, berikut surat lamaran. Apabila dokumenya tidak lengkap tentu akan menunda proses perizinan dan izin akan semakin lama untuk dikeluarkan. Dokumen yang diperlukan adalah KTP atau tanda pengenal, photo terakhir ukuran passport (5x6,35cm) untuk tiap anggota keluarga yang akan berangkat dan menuliskan nama lengkap dibelakang photo. Biasanya petugas keduataan akan meminta dokumen-dokumen yang asli hanya untuk melihat keaslian dan keabsahan dokumen.

Dokumen yang lainya adalah bukti memiliki uang cukup selama tinggal di Kanada untuk membayar uang kuliah, perjanalana pulang dan juga 10.000 dollar Kanada pertahun untuk biaya hidup. Dokumen untuk kebutuhan ini dapat dibuktikan dengan rekening Koran.
Dokumen ketiga adalah hasil pemeriksaan kesehatan. Ini diperlukan apabila seseorang ingin tinggal di Kanada lebih dari 6 bulan. Pemrosesan kesehatan akan menambah beberapa minggu waktu yang diperlukan untuk menambah izin belajar bagi mahasiswa.

Dokumen keemepat yaitu bukti penerimaan dari lembaga pendidikan yang diakui, informasi nama, tanggal lahir, alamat surat menyurat, kuliah atau kursus diperguruan tinggi mana, perkiraan lama atau tanggal selesai kuliah, kapan tanggal kuliah atau kursus dimulai, tanggal terakhir mahasiswa harus mendaftar untuk kuliah, tahun ajaran memasuki kuliah, uang kuliah, apakah kuliah tersebut penuh atau paruh waktu, identifikasi yang jelas dari lembaga pendidikan, informasi lisensi untuk lembaga swasta. Seluruh dokumen tersebut harus ditandatangani oleh pejabat berwenangApabila semuanya sudah lengkap, maka langkah ketiga adalah membawa selkuruh berkas ke kantor kedutaan berikut biaya izin tinggal mahasiswa dan selanjutnya akan diproses oleh pihak kedutaan besar Kanada.